Para gamers di Indonesia mungkin bergembira. Alasannya, Nusantara Online, produksi dalam negeri genre game massively multiplayer game online Role playing game atau MMORPG akhirnya resmi dirilis ke publik.


Setelah tertunda sejak pertengahan-2009, permainan akhirnya resmi dipasarkan dan dapat dimainkan oleh pengguna internet di Indonesia. Peluncuran diadakan dalam permainan pengujian game Nusantara Online di Mal Artha Gading, Jakarta Utara, Kamis (25/2/2010).

Nusantara komputer genre game online adalah MMORPG pertama yang diproduksi oleh anak bangsa. Permainan ini dikembangkan dengan karakter asli di Indonesia dan menjalankan mesin Game Engine Library (Angel) yang juga dibuat di Indonesia.

Pengembangan game Nusantara Online yang dilakukan oleh dua lembaga keduanya berbasis di Bandung. Pengembangan mesin permainan yang dibuat oleh Sangkuriang Studio, sementara membuat karakter dan plot alias bermain permainan yang dilakukan oleh Telegraph Studio. PT Nusantara Wahana Komunitas ditunjuk sebagai penerbit.

Direktur Operasi PT Nusantara Wahana Komunitas Sigit Widodo menyatakan optimis bahwa game ini akan diterima oleh pasar. "Sejak diperkenalkan kepada publik, selalu ada puluhan e-mail dan komentar di Facebook yang meminta untuk pengembangan game ini. Kami percaya, game ini akan mudah diterima, khususnya oleh generasi muda,"

Sigit mengatakan, Nusantara Online dimulai dari rasa peduli untuk konten asing merajalela di Indonesia. Berbagai media, terutama film animasi dan online game, banyak didominasi oleh produk-produk yang menawarkan karakter asing asing.

Heru Nugroho, Direktur pengelola Nusantara Online, mengatakan bahwa gamer muda sekarang jauh lebih akrab dengan karakter Jepang, seperti Hideyoshi Toyotomi, Tokugawa Ieyasu dan Oda Nobunaga, bukan karakter nasional, seperti Hayam Huruk, Gajah Mada, atau Prabu Siliwangi.

Sigit menjelaskan, cerita dari game Nusantara Online mengambil latar belakang kerajaan yang ada di Indonesia. Dalam satu versi rilis ini, menghadirkan tiga Kepulauan latar belakang Online kerajaan, Majapahit, Sriwijaya, dan Pajajaran. "Rencananya, di setiap versi baru yang akan diluncurkan setiap tahun, akan ada tambahan baru untuk tiga kerajaan setidaknya setiap propinsi di Indonesia dapat diwakili oleh sebuah kerajaan tunggal," jelasnya.

Khusus, game Nusantara Online dirancang berdasarkan penelitian kerajaan situasi di masa lalu. Fitur Nusantara Online, Sigit mengatakan, dikembangkan mengikuti sistem kondisi sosial, arkeologi, sejarah, dan alam yang berlaku di kepulauan di masa lalu.

jaminan Sigit, kedalaman karakter dan gameplay di kepulauan Online akan memenuhi keingintahuan gamer keinginan Indonesia untuk budaya dan karakter khusus Indonesia. "Sebagai contoh, jika kita melihat situs Trowulan dalam game ini, ya kondisi sebenarnya bahwa ya kali ini," katanya.

Untuk versi alpha rilis pertama ini alias, Sigit mengatakan perusahaan telah dipasarkan permainan dalam bentuk CD. Ia menjelaskan, pencinta game dapat didownload dan pendaftaran pengguna game Nusantara Online di www.nusol.web.id. "Kami juga bekerja sama dengan Asosiasi Warnet Indonesia (AWARI). Orang bisa memainkan permainan ini dengan menyalin dari AWARI"katanya.

Rabu, 16 Maret 2011 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Nusantara Online (Game Online Asli Buatan Indonesia)"

Write a comment